Rakyat Babel


Mahasiswa bersama BLHD melakukan Pengomposan sampah Organik

Cendil – Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) UBB 2018 dengan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan), Eka Sari dan Ropalia di Desa Cendil mengadakan kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah organik yang bertempat di Kantor Desa Cendil, jumat sore (20/7/2018). 29 mahasiswa KKN UBB bekerjasama dengan UNS (Universitas Negeri Sebelas Maret) dalam mensukseskan kegiatan ini.

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 2 jam ini disambut hangat oleh masyarakat Desa Cendil. Pasalnya pada kegiatan ini tidak hanya sekedar sosialisasi Indoor saja, akan tetapi langsung turun lapangan (outdoor) dalam sosialisasi aksi pengomposan sampah organik.

Robiyanto selaku ketua KKN Cendil mengungkapkan sampah sering sekali terjadi musibah jika tidak ditangani dengan baik, maka dari hal itu dengan sosialisasi ini dapat memberikan pengetahuan bagi masyarakat cendil dalam hal mengelola sampah.

“Penataan pengelolaan sampah yang baik dan dibuat sesuatu yang dapat didaur ulang seperti kerajinan sehingga potensi terjadi musibah akibat sampah relatif kecil”, ujar Maman Suhermanto, Kepala Desa Cendil (20/7).

Sosialisasi ini terlihat interaktif saat di tempat pengomposan, pasalnya di Desa Cendil sebelumnya belum ada sosialisasi pengelolaan sampah, sehingga hal ini sesuatu hal baru bagi mereka. “pengelolaan sampah di Beltim dari angka 10 baru 5 yang didapatkan dalam hal pengelolaan sampah dimasyarakat yang dapat bernilai ekonomi”, tukas Irsyad selaku pemateri dari BLHD (Balai Lingkungan Hidup Daerah).

Deny salah satu masyarakat Desa Cendil memaparkan, TPA (Tempat Pembuangan Akhir) dan informasi teknik pengelolaan sampah sebelumnya belum pernah masuk dilakukan di desa kami, sehingga ini menjadi suatu hal yang baru bagi kami dalam mengelola sampah.

Belum adanya pengetahuan masyarakat mengenai pengelolaan sampah di Desa Cendil menjadi hal yang harus dipecahkan mengingat sampah masing-masing kepala keluarga dengan jumlah yang besar.





Yakesma Babel
 
Top